Strategi Pembelajaran KIE dalam Kesehatan Reproduksi

Pengertian Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) atau yang kita kenal sebagai Penyuluhan adalah kegiatan penyampaian informasi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku individu, keluarga dan masyarakat dalam program Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN, 2011).

Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) Kesehatan Reproduksi dilakukan untuk membantu individu atau kelompok untuk lebih peduli dan mampu berperilaku hidup sehat dalam kesehatan reproduksi. Disamping itu tujuan KIE agar terjadi peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan reproduksi sehingga hal–hal yang berpengaruh buruk terhadap kesehatan reproduksi dapat diatasi.

Strategi Pembelajaran KIE dalam Kesehatan Reproduksi

KIE Kesehatan Reproduksi bertujuan untuk membantu individu atau kelompok melaksanakan perilaku hidup sehat dalam kesehatan reproduksi. Agar hal ini dapat berjalan dengan baik, kita perlu memahami benar tentang masalah kesehatan reproduksi, perilaku, kaitan antara keduanya dan juga tentang berbagai hal berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi.

Hal ini dapat diketahui dengan melakukan analisis masalah kesehatan reproduksi dan perilaku melalui langkah-langkah berikut :

  1. Analisis Masalah Kesehatan Reproduksi di tingkat Puskesmas
  2. Menetapkan sasaran :
    – Sasaran Primer (Anak Remaja, PUS)
    – Sasaran Sekunder
  3. Menetapkan Strategi
    – Advokasi
    – Gerakan Masyarakat
    – Dukungan Sosial
  4. Menetapkan Pesan Pokok
Scroll to Top