Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa

Puasa Ramadhan tahun 2021 ini sudah memasuki pekan kedua. Tubuh kita sudah mulai menyesuaikan diri dengan peralihan kondisi tubuh dari sebelum puasa, ke tahap puasa.

Namun, hal ini tak lantas membuat gejala-gejala perubahan dalam tubuh kita hilang seketika. Salah satu contoh gejala perubahan yang terjadi pada tubuh seseorang pada saat berpuasa adalah bibir kering. Hal ini sangat wajar terjadi karena tubuh banyak kehilangan cairan, sehingga mengakibatkan bibir semakin terasa kering, bahkan pecah-pecah.

Untuk mengatasi bibir kering saat puasa, sebagai saran Anda bisa memperbanyak asupan air mineral saat sahur dan berbuka puasa guna mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Selain itu, cobalah mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran, seperti timun, tomat, semangka, stroberi, apel, dan bayam. Karena buah atau sayuran tersebut mengandung kadar air tinggi.

Untuk mencegah bibir kering dan pecah lebih parah, hindari berbuka puasa dengan makanan pedas dan asin. Pasalnya, asupan cairan tubuh akan lebih banyak diserap oleh garam, dengan demikian membuat bibir menjadi kering dan membuatnya jadi pecah-pecah. Hindari juga makanan pedas selama puasa, karena dapat membuat Anda kehausan sepanjang hari.

Bagi Anda yang bibir nya sudah mengalami pecah-pecah, untuk mengatasi bibir kering saat puasa, cobalah untuk mengoleskan madu di bibir secara merata sebelum tidur dan saat sahur. Lakukan pijatan lembut dan biarkan meresap secara alami.

Scroll to Top