Aktivitas Pada Waktu Sahur

Menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan adalah salah satu kewajiban bagi umat Islam di seluruh dunia. Menjalankan puasa dimulai dengan pada saat imsak hingga terbenamnya matahari. Seseorang bangun pada saat sahur untuk makan dan minum. Dan mulai bertahan untuk tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam selama 29 hari atau 30 hari di bulan suci Ramadhan.

Aktivitas Pada Waktu Sahur

Berikut ini beberapa aktivitas pada waktu sahur yang bisa meningkatkan amalan pahala dan ibadah kita di bulan suci Ramadhan:

  • Bangun tidur untuk makan sahur. Makan dan minum secukupnya. Konsumsi madu, buah-buahan, susu, dan obat-obatan (sesuai ketentuan dokter) sehingga badan tidak merasa lemas karena tidak ada asupan nutrisi selama berpuasa.
  • Lakukan sahur di akhir waktu (sekitar 30 menit sebelum imsak). Hal ini menjadikan tubuh kita lebih lama untuk menjadi lapar dan haus untuk berpuasa.
  • Setelah menyantap sahur, jangan langsung tidur. Istirahat tubuh dalam keadaan tubuh untuk masuknya (metabolisme) makanan dan minuman dalam tubuh.
  • Sambil menunggu azan subuh, memperbanyak membaca Al-Qur’an
  • Melaksanakan shalat subuh di masjid (terdekat) ataupun di dalam rumah
  • Jangan tidur setelah shalat subuh. Perbanyak membaca Al-Qur’an hingga menunggu waktu pagi

Menjaga aktivitas pada waktu sahur dapat meningkatkan kondisi tubuh pada saat berpuasa. Oleh karena itu, dianjurkan pada waktu menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan untuk tetap menyantap sahur sehingga tubuh memperoleh asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Puasa memberikan banyak manfaat bagi tubuh manusia, baik untuk kesehatan fisik, mental, dan lingkungan sosial.

Menunaikan puasa di bulan suci Ramadhan ini harus sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW, yaitu mengisi bulan suci Ramadhan ini dengan ibadah-ibadah sehingga meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT.

M Rusdi

Terima kasih telah berkunjung ke website Medical Ebook. Semoga Anda mendapatkan informasi yang Anda cari.

Kembali ke atas