Medical Ebook

Informasi Kesehatan untuk Tenaga Medis

Konsep Keluarga

Pengertian Keluarga

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

Peranan Keluarga

Peranan keluarga menggambarkan seperangkat perilaku antar pribadi, sifat, kegiatan yang berhubungan dengan pribadi dalam posisi dan situasi tertentu. Peranan pribadi dalam keluarga didasari oleh harapan dan pola perilaku dari keluarga, kelompok dan masyarakat.

Berbagai peranan yang terdapat dalam keluarga adalah sebagai berikut:

  1. Ayah, sebagai suami dari istri dan ayah dari anak-anaknya, berperan sebagai pencari nafkah, pendidik, pelindung dan pemberi rasa aman. Ayah sebagai kepala keluarga, sebagai anggota dari kelompok sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya
  2. Ibu sebagai istri dan ibu dari anak-anaknya. Ibu mempunyai peran untuk mengurus rumah tangga, sebagai pengasuh dan pendidik anak-anaknya, pelindung dan sebagai salah satu kelompok dari peranan sosialnya serta sebagai anggota masyarakat dari lingkungannya. Disamping itu juga ibu dapat berperan sebagai pencari nafkah tambahan dalam keluarganya.
  3. Anak-anak, melaksanakan peranan psikosial sesuai dengan tingkat perkembangannya baik fisik, mental, sosial dan spiritual

Di dalam keluarga, Ayah, Ibu menjalankan peran yang penting untuk membesarkan anak atau buah hati mereka. Konsep di dalam keluarga, orang tua yang bertanggung jawab sepenuhnya dalam menjalani kehidupan dari waktu ke waktu. Orang tua harus mengerti dan menjalankan peranan mereka masing-masing. Saling menjaga dan melindungi anggota keluarga. Di dalam keluarga, orang tua bertanggung jawab untuk melindungi dan mengasuh buah hati mereka.

Tanggung jawab orang tua sebagai konsep dalam keluarga terhadap anak, yaitu:

  • Mengasuh, memelihara dan melindungi anak
  • Menumbuhkembangkan anak sesuai dengan kemampuan, bakat dan minatnya
  • Menghormati harkat dan martabat anak
  • Melindungi dan mencegah, serta tidak membiarkan terjadinya perlakuan salah, penelantaran, eksploitasi dan kekerasan terutama kepada anak-anak yang membutuhkan perlindungan khusus
  • Melindungi dan mencegah anak berhadapan dengan hukum
  • Melindungi dan mencegah, serta tidak membiarkan terjadinya pernikahan dini
  • Menghormati pandangan anak dalam kehidupan keluarga, masyarakat dan lingkungannya
  • Memberikan dukungan ekonomi, sosial, pendidikan dan kesehatan, serta mental dan spiritual
  • Menghindarkan keterpisahan anak dari keluarga

Konsep Keluarga Dalam Bermasyarakat

Keluarga adalah unit terkecil dalam suatu masyarakat. Hidup bermasyarakat haruslah saling tolong-menolong dan saling membantu satu sama lain, sehingga menciptakan kerukunan hidup berumah tangga. Di dalam lingkungan bermasyarakat, sebuah keluarga harus menjaga kerukunan hidup bersama untuk menciptakan lingkungan warga yang aman, tentram, dan damai.

Bermasyarakat artinya kita saling mengenal orang-orang di sekitar kita. Tetangga kita, orang-orang di sekitar kita, sanak-saudara kita dan kerabat keluarga lainnya. Manusia sepenuhnya adalah makhluk sosial. Manusia membutuhkan bantuan dan kehadiran orang lain. Oleh karena itu, kehidupan bermasyarakat harus tetap di jaga untuk melestarikan kehidupan bermasyarakat bersama.

M Rusdi

Terima kasih telah berkunjung ke website Medical Ebook. Semoga Anda mendapatkan informasi yang Anda cari.

Kembali ke atas