Hubungan Usaha Kesehatan Pribadi dengan Kesehatan Masyarakat

Usaha kesehatan pribadi adalah daya upaya dari seorang demi seorang untuk memelihara dan mempertinggi derajat kesehatannya sendiri.

Makin banyak orang yang memperhatikan pemeliharaan dan peningkatan kesehatan dirinya, akan makin baik pulalah keadaan kesehatan masyarakat.

Membuat diri selalu sehat, disamping berguna untuk diri sendiri, baik untuk masa kini maupun untuk masa yang akan datang, juga menguntungkan kesehatan masyarakat karena dengan tidak adanya orang sakit, berarti tidak adanya beban masyarakat serta hilangnya sumber penularan penyakit.

Orang yang sejak kecilnya seringkali sakit, apalagi bila penyakitnya mengenai organ-organ tubuh yang vital, seperti: jantung, otak, ginjal, dsb., bila dewasa akan berbadan lemah dan mungkin berumur pendek.

Keadaan sakit menimbulkan penderitaan dan merupakan penghambat bagi kemajuan karir seseorang. Untuk menempati suatu jabatan di dalam pekerjaan semuanya memerlukan orang sehat. Karena orang hanya dapat bekerja dengan sebaik-baiknya pada keadaan sehat.

Orang sehat disamping dapat mengurus kebutuhan dirinya juga berguna bagi masyarakat karena dapat menyumbangkan tenaga dan pikirannya dalam pembangunan negara dan bangsa.

Orang yang immun (kebal) yang terdapat dalam masyarakat akan merupakan penghalang untuk terjadinya penyebaran penyakit infeksi. Karena itu, vaksinasi disamping berguna untuk diri sendiri dalam menghindari suatu penyakit, juga melindungi orang lain terhadap penularan penyakitnya. Dan bila semua orang didalam masyarakat kebal terhadap penyakit infeksi tersebut, maka penyakit itu akan hilang dari muka bumi.

Keadaan sehat akan menambah kegembiraan dan kebahagiaan bagi pemiliknya.

Sudah selayaknya setiap warga negara yang baik, untuk selalu memelihara dan meningkatkan kesehatan dirinya (badan, mental dan sosialnya) dengan sebaik-baiknya, dan inipun sudah merupakan sumbangan yang besar sekali terhadap usaha kesehatan masyarakat. Dapat kita mengerti bahwa bila setiap warga negara Indonesia semuanya sehat-sehat, maka sehat pulalah masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

M Rusdi

Terima kasih telah berkunjung ke website Medical Ebook. Semoga Anda mendapatkan informasi yang Anda cari.

Kembali ke atas