Medical Ebook

Informasi Kesehatan untuk Tenaga Medis

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan mikroskop

Berikut ini ialah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam penggunaan mikroskop:

  • Jika tidak dipergunakan, mikroskop disimpan dalam almari mikroskop. Lensanya (baik okuler maupun obyektif) harus dilepas dan disimpan dalam penyimpanan lensa yang diberi bahan pengering (misal silika gel) untuk mencegah berjamurnya lensa tersebut.
  • Pada saat mengangkat mikroskop, hendaknya digunakan kedua tangan. Satu tangan untuk memegang lengan mikroskop dan tangan yang lain untuk menyangga bagian dasar penyangga mikroskop.
  • Untuk membersihkan lensa, gunakan kertas lensa (paper lens)
  • Jangan melihat obyek tanpa menggunakan kaca penutup
  • Pada saat pertama kali melihat obyek, gunakan obyektif dengan perbesaran rendah. Kemudian setelah obyek yang diinginkan terlihat baru diganti dengan obyektif dengan perbesaran kuat. Pada waktu menaik-turunkan lensa obyektif, harus hati-hati agar lensa tidak terkena cairan obyek atau kaca penutupnya, karena dapat merusak/memecahkan lensa maupun kaca preparat.
  • Untuk melihat obyek, mula-mula gunakan tombol pengatur fokus kasar secara hati-hati. Kemudian, fokuskan dengan pengatur fokus yang halus sehingga diperoleh gambar yang jelas.
  • Untuk menunjukkan bagian obyek/preparat yang diamati dapat digunakan okuler yang dilengkapi dengan jarum penunjuk. Dan jika ingin mengukur panjang atau lebar sel/benda yang diamati gunakan okuler yang dilengkapi dengan skala mikrometer sebagai pengukur.
  • Jika harus membuat sendiri obyek yang akan diamati, irislah sampel atau contoh setipis mungkin. Sehingga kira-kira hanya terdiri dari satu pada penampang. Gunakan silet yang baru dan tajam atau dengan menggunakan mikrotom/alat pemotong khusus) hingga diperoleh gambar yang baik dan terang.

Penggunaan Mikroskop

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan mikroskop ialah membaca petunjuk singkat penggunaan mikroskop. Setiap mikroskop memiliki petunjuk penggunaan sesuai dengan jenis mikroskop tersebut. Petunjuk singkat penggunaan mikroskop sangat berguna, karena peraturan-peraturan dasar untuk penggunaan dan penanganan mikroskop seringkali diabaikan.

M Rusdi

Terima kasih telah berkunjung ke website Medical Ebook. Semoga Anda mendapatkan informasi yang Anda cari.

Kembali ke atas