Medical Ebook

Informasi Kesehatan untuk Tenaga Medis

Pengertian Sentrifugasi

Dalam suatu larutan, partikel-partikel yang berat jenisnya lebih besar dari berat jenis sekelilingnya akan mengendap atau turun ke dasar. Bila berat jenisnya lebih kecil, maka partikel tersebut akan mengapung. Makin besar perbedaan berat jenis, makin cepat partikel tersebut bermigrasi.

Pengertian sentrifugasi adalah proses yang memanfaatkan gaya sentrifugal untuk sedimentasi campuran dengan menggunakan mesin sentrifuga atau pemusing.

Mesin sentrifuga atau sentifus adalah suatu peralatan, umumnya digerakkan dengan motor listrik (beberapa model kuno digerakkan dengan tangan), yang membuat suatu objek berputar pada sumbu tetap, membuat gaya bekerja tegak lurus menurut sumbu tersebut. Sentifus bekerja menggunakan prinsip pengendapan, di mana percepatan sentripetal menyebabkan subtansi yang lebih padat terpisah sepanjang arah radial. Dengan cara yang sama, benda yang lebih ringan akan berpindah ke atas.

Komponen campuran yang lebih rapat akan bergerak menjauh dari sumbu sentrifuga dan membentuk endapan (pelet), menyisakan cairan supernatan yang dapat diambil dengan dekantasi. Teknik sentrifugasi telah dimanfaatkan baik untuk keperluan penelitian, misalnya pada bidang laboratorium, maupun untuk industri.

M Rusdi

Terima kasih telah berkunjung ke website Medical Ebook. Semoga Anda mendapatkan informasi yang Anda cari.

Kembali ke atas