Sasaran dan Komponen KIE

Pengertian Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) atau yang kita kenal sebagai Penyuluhan adalah kegiatan penyampaian informasi untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku individu, keluarga dan masyarakat dalam program Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN, 2011).

Komunikasi, Informasi, Edukasi (KIE) Kesehatan Reproduksi dilakukan untuk membantu individu atau kelompok untuk lebih peduli dan mampu berperilaku hidup sehat dalam kesehatan reproduksi. Disamping itu tujuan KIE agar terjadi peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan reproduksi sehingga hal–hal yang berpengaruh buruk terhadap kesehatan reproduksi dapat diatasi.

Sasaran dan Komponen KIE

Sasaran KIE

Adapun sasaran KIE adalah sebagai berikut:

  1. Individu
    Individu adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas didalam lingkungan sosialnya, melainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya.
  2. Keluarga
    Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.
  3. Masyarakat
    Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.

Komponen KIE

Dalam mempelajari KIE/Penyuluhan, maka kita harus mengetahui pula komponen dari Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (Penyuluhan), yaitu:

  1. Pemberi KIE/Penyuluhan (Penyuluh, Toma, Toga, atau Kader)
  2. Penerima KIE/Penyuluhan (Individu, Keluarga, Masyarakat)
  3. Isi KIE/Penyuluhan
  4. Cara/ Metode menyampaikan KIE/Penyuluhan
  5. Media penyampaian KIE/Penyuluhan
  6. Hasil KIE/Penyuluhan
Scroll to Top