Medical Ebook

Informasi Kesehatan untuk Tenaga Medis

Rokok dan Bahaya Kesehatan

Rokok merupakan salah satu sentral utama perdagangan rempah di dunia. Rokok merupakan salah satu produk industri yang berkembang pesat, baik di dalam negeri hingga di luar negeri. Produk rokok telah dikenal oleh masyarakat dunia mulai zaman dahulu kala hingga zaman sekarang ini.

Akan tetapi, rokok memberikan bahaya kesehatan bagi tubuh manusia.

Angka kematian akibat merokok terus meningkat. Sebuah laporan terbaru yang dilansir dari World Lung Foundation (WLF) mencatat, kematian akibat merokok melonjak hampir tiga kali lipat dalam satu dekade terakhir. WLF dan American Cancer Society mengatakan, jika kecenderungan ini terus berlanjut, maka satu miliar orang akan mati akibat penggunaan tembakau pada abad ini atau satu orang akan meninggal setiap enam detiknya.

Pada tahun 2000, rokok telah menyebabkan kematian 4,9 juta orang di dunia dan diperkirakan menjadi 9,8 juta orang pada tahun 2020. Artinya orang yang mati akibat rokok di dunia adalah 350.000 orang per bulan, 11.666 orang per bulan, 486 orang per jam, dan 8 orang tiap menit.

Rokok menyebabkan kematian lebih banyak daripada Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS), narkoba, kecelakaan, pembunuhan dan bunuh diri (Atkinson, 2000)

 

M Rusdi

Terima kasih telah berkunjung ke website Medical Ebook. Semoga Anda mendapatkan informasi yang Anda cari.

Kembali ke atas