Risiko Bekerja di Laboratorium

Selalu ada risiko di dalam setiap pekerjaan, apapun pekerjaannya. Hanya saja terkadang kita lupa dengan segala macam risiko itu. Bahkan, sekalipun kita mengetahui risiko pekerjaan yang kita lakukan, seringkali kita tidak pedulikan. Kita akan menyadari setiap risiko itu apabila telah terjadi sesuatu yang merugikan bahkan mencelakakan kita sebagai akibat dari kelalaian kita di saat bekerja. Hal ini tentu tidak kita harapkan terjadi, karena kerugian yang akan kita dapatkan tentu lebih besar, apalagi bila sudah membuat kita cacat seumur hidup, atau terkena penyakit mematikan.

Begitupun jika Anda bekerja di laboratorium, banyak risiko pekerjaan yang dapat mencelakakan Anda sebagai seorang petugas yang akan melakukan pemeriksaan laboratorium. Hal ini mungkin terjadi, karena ada banyak pereaksi kimia/reagen yang Anda gunakan saat Anda bekerja.

Beberapa zat kimia bahkan terindikasi sangat beracun dan berbahaya. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk mempelajari bagaimana cara memperlakukan zat tersebut. Oleh sebab itu, sangat penting bagi seorang ATLM untuk memahami zat/bahan kimia yang akan Anda gunakan di laboratorium, baik dari risikonya maupun cara pengelolaannya.

Bahan Kimia Berbahaya

Risiko bekerja di laboratorium yang utama ialah bahan kimia berbahaya

Saat Anda bekerja di Laboratorium, mau tidak mau, suka tidak suka, Anda akan berhubungan dengan bahan-bahan kimia yang Anda gunakan dalam melakukan pemeriksaan laboratorium dalam bentuk reagen. Setiap bahan kimia memiliki karakteristik masing-masing baik dari sisi sifat kimia maupun sifat fisikanya. Sebagian besar zat kimia memiliki sifat yang berbahaya dan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, jika dalam penggunaannya tidak memperhatikan dan memahami risiko yang ditimbulkan dari bahan atau zat kimia tersebut.

Karenanya, seorang ATLM ataupun ahli medis lainnya, sangat penting untuk memahami tentang bahan kimia berbahaya, baik risiko maupun sifat-sifatnya, terutama zat/bahan kimia yang sering digunakan di dalam pemeriksaan laboratorium.

Bahan Kimia Berbahaya adalah bahan atau zat kimia yang mempunyai sifat-sifat dapat membahayakan kesehatan manusia seperti keracunan, mengganggu pernafasan, mudah terbakar, menyebabkan penyakit bahkan kematian. Pengetahuan tentang sifat dari setiap bahan kimia terutama yang sering digunakan di laboratorium menjadi penting untuk dipahami agar petugas dapat menghindari segala risiko yang mungkin terjadi.