Medical Ebook

Informasi Kesehatan untuk Tenaga Medis

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau disingkat GERMAS adalah suatu gerakan yang digagas sebagai upaya untuk mendorong masyarakat Indonesia secara menyeluruh agar mengembangkan perilaku hidup sehat, hidup dalam lingkungan yang sehat, dan kesadaran terhadap pentingnya kesehatan.

Sebagai sebuah terobosan baru yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, gerakan ini akan berfokus pada 3 hal, yaitu peningkatan aktifitas fisik, konsumsi sayur dan buah serta deteksi dini penyakit tidak menular, dengan mengedepankan pendekatan keluarga.

Dalam berbagai kesempatan, Menteri Kesehatan, Prof. Dr. dr. Nila F. Moelok, Sp.M (K), mengatakan bahwa dalam proses pembangunan kesehatan di Indonesia haruslah lebih menekankan pada kegiatan-kegiatan yang bersifat promotif dan preventif.

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Kehadiran Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau GERMAS diharapkan mampu memberikan penguatan pada program promotif dan preventif dan mendorong fasilitas kesehatan primer seperti puskesmas agar lebih proaktif dalam melakukan pendekatan keluarga. Tenaga kesehatan tidak lagi hanya menunggu masyarakat datang pada saat sakit saja tetapi harus aktif menghampiri masyarakat, dalam hal ini unit keluarga, dan melakukan upaya-upaya promosi kesehatan.

Mengingat bahwa pada dasarnya pencegahan penyakit sangat bergantung pada perilaku individu yang juga didukung oleh kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan regulasi untuk hidup sehat, dan keterlibatan aktif yang berkesinambungan oleh seluruh komponen baik pemerintah pusat dan daerah, sektor non-pemerintah, dan masyarakat. Untuk itulah diperlukan sebuah gerakan untuk mendorong masyarakat agar berperilaku sehat, yang kemudian dicanangkanlah GERMAS ini.

Tentang GERMAS

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau disingkat GERMAS adalah suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Tujuan Umum GERMAS adalah:

  1. Menurunkan beban penyakit
  2. Menurunkan beban biaya pelayanan kesehatan
  3. Meningkatkan produktivitas penduduk, dan
  4. Menekan peningkatan beban finansial masyarakat untuk pengeluaran kesehatan

Tujuan Khusus GERMAS adalah untuk menurunkan resiko utama penyakit menular dan tidak menular, terutama melalui:

  1. Intervensi gizi 1000 hari pertama kehidupan
  2. Memperbaiki pola konsumsi gizi seimbang seluruh keluarga
  3. Meningkatkan aktifitas fisik secara teratur dan terukur
  4. Meningkatkan pola hidup sehat
  5. Meningkatkan lingkungan sehat, dan
  6. Mengurangi konsumsi rokok dan alkohol

Kendala terbesar yang dihadapi dalam penerapan pola hidup sehat di masyarakat adalah pada pola pikir dari masyarakat itu sendiri. Oleh karena itu, untuk dapat mempopulerkan Gerakan GERMAS hingga berhasil mengubah pola pikir masyarakat, diperlukan sistem kerjasama yang terpadu dari seluruh pihak terkait, dari pusat hingga daerah. Dengan demikian tujuan dari pembangunan kesehatan dapat segera tercapai.

M Rusdi

Terima kasih telah berkunjung ke website Medical Ebook. Semoga Anda mendapatkan informasi yang Anda cari.

Kembali ke atas