Pokok-pokok Kegiatan Kesehatan Masyarakat

Kesehatan masyarakat diartikan sebagai aplikasi dan kegiatan terpadu antara sanitasi dan pengobatan dalam mencegah penyakit yang melanda penduduk atau masyarakat. Kesehatan masyarakat adalah kombinasi antara Teori (ilmu) dan Praktek (seni) yang bertujuan untuk mencegah penyakit, memperpanjang hidup, dan meningkatkan kesehatan penduduk (masyarakat).

Ruang lingkup kesehatan masyarakat mencakup 2 disiplin pokok keilmuan, yakni ilmu bio medis (medical biologi) dan ilmu-ilmu sosial (social sciences), sejalan dan perkembangan ilmu kesehatan masyarakat mencakup: Ilmu Biologi, kedokteran, kimia, fisika, lingkungan, sosial, antropologi, pendidikan dan sebagainya.

Sasaran Kesehatan masyarakat adalah individu, keluarga, kelompok khusus baik yang sehat maupun yang sakit yang mempunyai masalah kesehatan. Agar usaha kesehatan masyarakat dapat terlaksana dengan baik ada beberapa prinsip pokok kesehatan masyarakat yang harus diperhatikan

Pokok-pokok Kegiatan Kesehatan Masyarakat

Sesuai dengan kemampuan tenaga maupun fasilitas, maka Pokok-pokok kegiatan kesehatan masyarakat yang dapat dilaksanakan adalah sebagai berikut:

  1. Asuhan langsung kepada individu, kelompok dan masyarakat
  2. Promosi kesehatan
  3. Konseling dan pemecahan masalah
  4. Rujukan
  5. Asuhan komunity
  6. Penemuan kasus
  7. Penghubung
  8. Koordinasi.
  9. Kerja sama.
  10. Advokasi.
  11. Bimbingan dan pembinaan.
  12. Pelimpahan wewenang/pengembangan peranan.
  13. Rencana lepas asuhan
  14. Panutan/role model.
  15. Penelitian; membantu mengidentifikasi mengembangkan teori-teori yang merupakan dari diri praktik kesehatan masyarakat.
Scroll to Top