Pengertian Record

Record merupakan kumpulan dari elemen-elemen data yang terkait dalam sebuah basis data. Secara ringkas, basis data dapat dikatakan sebagai sebuah tabel yang memiliki baris alias record dan kolom atau field. Setiap baris menyatakan elemen-elemen data yang saling berkaitan.

Pengertian Record

Istilah record memiliki banyak arti sesuai dengan dimana bidang yang menggunakan. Namun, semua definisi tersebut berkaitan dan mempunyai basis pengertian yang sama, Sebagai contoh, record dapat berupa rekaman ketika mengacu pada proses pengambilan audio oleh microphone lalu disimpan dalam bentuk file di komputer.

Dari beberapa pengertian tersebut, semuanya memiliki kemiripan. Di bidang audio, record berarti merekam sehingga memiliki sebuah file. Di bidang statistik, record adalah data dengan kumpulan properti dan karakteristiknya. Istilah ini juga ada dibidang lain, misalnya record adalah catatan atau hasil pengamatan.

Oleh karena itu, definisi yang menyeluruh dapat menjelaskan bahwa record adalah sebuah file dengan karakteristik tertentu. Penggunaan ini juga umum dibidang internet, dimana istilah record sangat penting untuk dipahami.

Scroll to Top