Pengertian File

Pengertian file adalah kumpulan dari data dan informasi yang saling berhubungan dan juga tersimpan di dalam ruang penyimpanan sekunder. Definisi file dapat juga diartikan sebagai arsip atau data yang disimpan di dalam komputer.

Secara konsep, file memiliki beberapa tipe, diantaranya adalah tipe data terdiri dari character, numerik, dan binary. Selain itu, ada juga file yang bertipe program.

Pada umumnya, file pada komputer tersimpan di dalam folder tertentu, tergantung di mana si pemilik file ingin menyimpannya. Masing-masing file memiliki ekstensi yang berbeda sesuai dengan jenis filenya. Pengertian ekstensi file adalah tanda yang membedakan antara satu jenis file dengan jenis file lainnya. Misalnya: file gambar akan memiliki ekstensi .jpg, .png, dan lain-lain. Sedangkan untuk file video akan memiliki ekstensi: .mpeg, .avi, .wmv, .mp4, dan lain-lain.

Pengertian File Menurut Ahli

1. Mcleod (Pearson)

Menurut Mcleod (Pearson), pengertian file adalah koleksi rekaman (record) yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, seperti satu file dari seluruh record yang berisi bidang kode-kode mata kuliah dan namanya.

2. Edi S. Mulyanta

Definisi file menurut Edi S. Mulyanta, file adalah urutan data yang digunakan untuk melakukan encode informasi digital yang berguna dalam hal pertukaran dan penyimpanan data.

3. Rachman Hakim S.

File adalah kumpulan dokumen yang berisi informasi tertentu dan dapat dibuka dengan menggunakan program komputer tertentu

4. Hendrayudi

File adalah data-data yang tersimpan dalam sebuah media yang memiliki informasi besar file, tanggal dan jam penyimpanan, ciri file, nama file dan atribut file

Scroll to Top