Medical Ebook

Informasi Kesehatan untuk Tenaga Medis

Pengertian Laboratorium Medik

Mendengar kata laboratorium tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. ketika Anda sakit dan pergi ke rumah sakit atau ke dokter, sebelum tindakan pengobatan biasanya Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke laboratorium. Sebagian dari Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa harus diperiksa dahulu di laboratorium? Mengapa dokter tidak langsung saja memberi obat atau tindakan medis selanjutnya?

Seberapa penting hasil pemeriksaan laboratorium itu berpengaruh terhadap tindakan pengobatan? Untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut, maka tentu Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu laboratorium medik?

Pengertian Laboratorium Medik

Laboratorium medik sering juga disebut dengan Laboratorium Klinik (Lab. Klinik), sering pula hanya disebut dengan laboratorium saja.

Menurut Permenkes RI No. 411/Menkes/Per/III/2010, Laboratorium Klinik adalah laboratorium kesehatan yang melaksanakan pelayanan pemeriksaan spesimen klinik untuk mendapatkan informasi tentang kesehatan perorangan terutama untuk menunjang upaya diagnosis penyakit, dan memulihkan kesehatan.

Definisi lain laboratorium klinik diberikan oleh Seyoum (2006:14): laboratorium adalah tempat yang dilengkapi dengan berbagai instrumen, peralatan dan bahan kimia (reagen), untuk melakukan karya eksperimental, kegiatan penelitian dan prosedur pemeriksaan.

Laboratorium Medik

Laboratorium medik merupakan salah satu bagian laboratorium yang dilengkapi dengan berbagai instrumen biomedis, peralatan, bahan dan reagen (bahan kimia) untuk melakukan berbagai kegiatan pemeriksaan laboratorium dengan menggunakan spesimen biologis (whole blood, serum, plasma, urine, tinja, dll).

Bila melihat kedua definisi di atas baik menurut Permenkes RI No. 411/Menkes/Per/III/2010 maupun menurut Seyoum, dapat dikatakan bahwa laboratorium klinik adalah sebuah tempat di mana di dalamnya terdapat instrumen, peralatan, serta bahan dan reagen yang digunakan untuk pemeriksaan laboratorium
dengan menggunakan spesimen biologis sebagai penunjang diagnosis penyakit dan pemulihan kesehatan.

Tenaga kesehatan yang berkaitan dengan Laboratorium Medik, kita kenal sebagai Analis Kesehatan atau Ahli Tenaga Laboratorium Kesehatan (ATLM)

Keberadaan laboratorium ini sangat penting untuk rumah sakit khususnya bagi para dokter dalam menentukan jenis dan cara pengobatan.  Maka tidak heran bila Anda berada di rumah sakit istilah yang tertulis pada nama ruangan hanya “Laboratorium”. Selain di rumah sakit, beberapa laboratorium medik juga dikelola secara mandiri/swasta.

Tetapi pada beberapa rumah sakit yang cukup besar -dengan jumlah laboratorium yang cukup banyak – biasanya laboratorium ini juga memiliki nama-nama khusus tergantung dari jenis pemeriksaannya, seperti Laboratorium Mikrobiologi, Laboratorium Patologi Anatomi, dan lain-lain.

M Rusdi

Terima kasih telah berkunjung ke website Medical Ebook. Semoga Anda mendapatkan informasi yang Anda cari.

Kembali ke atas