Medical Ebook

Informasi Kesehatan untuk Tenaga Medis

Tekanan Darah Rendah – Hipotensi

Tekanan darah adalah kekuatan yang diperlukan agar darah dapat mengalir di dalam pembuluh darah dan beredar mencapai semua jaringan tubuh manusia. Darah yang dengan lancar beredar ke seluruh bagian tubuh berfungsi sangat penting sebagai media pengangkut oksigen serta zat-zat lain yang diperlukan bagi kehidupan sel-sel tubuh. Selain itu, darah juga berfungsi sebagai sarana pengangkut sisa hasil metabolisme yang tidak berguna lagi dari jaringan tubuh.

Apa itu Hipotensi?

Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah rendahnya tekanan darah yang dialami oleh seseorang berdasarkan pembagian tingkatan tekanan darah.

Tekanan darah rendah yang sesungguhnya adalah jika seseorang selalu mengalami tekanan darah di bawah 120/80 mmHg. Walaupun demikian, beberapa orang (khususnya perempuan) memiliki tekanan darah di bawah 120/mm Hg tetapi masih dalam batasan normal untuk tubuh mereka.

Diagnosis

Berbagai cara untuk mendiagnosis tekanan darah rendah:

  • Mengukur tekanan darah menggunakan tensimeter
  • Melakukan medical cek up rutin (standar), untuk mengecek kadar gula (karena memiliki hubungan dengan tekanan darah rendah), dan pemeriksaan lainnya.

Penyebab Rendahnya Tekanan Darah

Tekanan darah rendah dapat diakibatkan oleh volume darah yang kurang, perubahan hormonal, pelebaran pembuluh darah, pengaruh obat-obatan, kurang darah, masalah jantung atau masalah kelenjar endokrin.

Kurangnya volume darah atau hypovolemia adalah penyebab utama tekanan darah rendah. Hal ini dapat diakibatkan adanya pendarahan (hemorrhage); kurangnya asupan cairan, misalnya sangat kelaparan; atau kehilangan cairan yang berlebihan karena mencret-mencret atau muntah-muntah. Kurangnya volume darah sering kali sebagai akibat pemakaian pelancar kencing (diuretic).

Tekanan darah rendah juga dapat diakibatkan oleh paparan matahari dalam jangka waktu lama (heat stroke). Bisa saja tubuh cukup cairan, tetapi kekurangan elektrolit. Tidak adanya keringat, kepala terasa ringan dan air seni berwarna kuning tua bahkan cenderung coklat merupakan indikator-indikator kurangnya cairan.

Pengobatan-pengobatan dapat menimbulkan tekanan darah rendah dengan berbagai cara. Berkurangnya kemampuan jantung dalam kondisi volume darah yang normal sehingga mengurangi denyut jantung dan mengurangi kemampuan pemompaan darah oleh jantung menyebabkan rendahnya tekanan darah pada seseorang.

Tekanan darah rendah juga dapat diakibatkan oleh akibat samping herbal tertentu, yang mana herbal tersebut dapat berinteraksi dengan obat-obatan tekanan darah rendah.

M Rusdi

Terima kasih telah berkunjung ke website Medical Ebook. Semoga Anda mendapatkan informasi yang Anda cari.

Kembali ke atas