Pentingnya Proses Keperawatan

Proses keperawatan merupakan suatu proses atau rangkaian kegiatan pada praktek keperawatan yang langsung diberikan kepada klien pada berbagai tatanan pelayanan kesehatan, dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar manusia (KDM), dengan menggunakan metode proses keperawatan, berpedoman pada standar keperawatan, dilandasi etik dan etika keperawatan, dalam lingkup wewenang serta tanggung jawab keperawatan.

Pentingnya Proses Keperawatan

Proses keperawatan merupakan sarana bagi perawat untuk melaksanakan asuhan keperawatan yang diberikan kepada klien yang diasuhnya, dan memiliki arti penting bagi kedua belah pihak (perawat-klien).

Seorang perawat dapat menggunakan proses keperawatan sebagai pedoman dalam membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi klien, menunjukkan profesi yang mempunyai profesionalitas tinggi, serta dapat
memberikan kebebasan pada klien untuk mendapatkan pelayanan yang cukup sesuai dengan kebutuhan sehingga berbagai manfaat yang dapat dilaksanakan antara lain:

  1. Dapat meningkatkan kemandirian perawat dalam melaksanakan tugasnya karena di dalam proses keperawatan terdapat metode ilmiah keperawatan berupa langkah-langkah proses keperawatan.
  2. Proses keperawatan yang diberikan kepada pasien dapat meningkat kepercayaan diri perawat dalam melaksanakan tugas, karena pasien akan merasakan kepuasan setelah dikakukan asuhan keperawatan dengan pendekatan proses keperawatan.
  3. Perawat dapat selalu meningkatkan kemampuan intelektual dan teknikalnya dalam tindakan keperawatan, karena melalui proses keperawatan perawat dituntut untuk mampu menyelesaikan masalah baru yang sesuai dengan masalah yang dialami pasien.

Kepuasan kerja juga muncul dengan mengetahui bahwa tujuan asuhan keperawatan dapat tercapai melalui proses keperawatan sehingga perawat dapat menunjukkan keprofesionalismenya. Dengan proses keperawatan rasa tanggung jawab dan tanggung gugat dapat dimiliki oleh perawat agar dapat digunakan untuk mencegah tindakan-tindakan yang merugikan dan tidak legal.

Pasien juga ikut merasakan kepuasan atas asuhan keperawatan yang diberikan, sehingga rasa kebebasan dalam penyampaian kebutuhan diri sampai dengan proses penyembuhan semakin cepat dan perasaan adanya perhatian yang besar akan kebutuhan akan pelayanan keperawatan yang berkualitas dan efisien.

Proses keperawatan memiliki beberapa karakteristik dan ciri khas dalam membantu menyelesaikan masalah klien, antara lain:

  1. Proses keperawatan merupakan metode pemecahan masalah yang bersifat terbuka, fleksibel dalam memenuhi kebutuhan pasien, serta selalu berkembang terhadap masalah yang ada dan mengikuti perkembangan jaman.
  2. Pendekatan proses keperawatan dapat dilakukan secara individual terhadap pemenuhan kebutuhan pasien.
  3. Proses keperawatan dapat memudahkan perencanaan beberapa masalah keperawatan.
  4. Untuk mengarahkan tujuan pelayanan keperawatan dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia, seperti kebutuhan biologis, psikologis, sosial dan spiritual.
  5. Proses keperawatan sendiri merupakan suatu siklus yang saling berhubungan antara tahap satu dengan tahap yang lain dan tidak berdiri sendiri.
  6. Melalui proses keperawatan, masalah dapat lebih cepat diatasi karena dalam proses keperawatan terdapat penekanan validasi data serta pembuktian masalah dan berfokus pada umpan balik atau pengkajian ulang dalam mengetahui kebutuhan dasar secara komprehensif.