Infeksi

Pengertian Infeksi

Infeksi merupakan penyakit yang dapat ditularkan dari satu orang ke orang, atau dari hewan ke manusia. Infeksi disebabkan oleh berbagai mikroorganisme: bakteri, parasit, virus, riketsia, jamur, protozoa, dsb. Organisme-organisme ini dapat menyerang seluruh tubuh atau sebagian daripadanya.

Stadium-stadium Infeksi

1. Masa Inkubasi

Masa inkubasi adalah masa antara seseorang terkena infeksi sampai terjadinya gejala. Dalam masa ini, mikroorganisme akan berkembang biak sampai suatu jumlah tertentu sehingga dapat timbul efek yang membahayakan. Selama masa ini, orang tersebut dapat menularkan penyakit, dapat memindahkan mikroorganisme ke orang lain, misalnya infeksi dengan bakteri atau virus dari saluran pernapasan atas yang dapat ditularkan ke orang lain pada waktu berbicara, batuk, tertawa dan bersin.

Masa inkubasi adalah masa antara masuknya penyebab penyakit ke dalam tubuh seseorang, baik diperoleh melalui penularan secara langsung atau penularan secara tidak langsung.  Tergantung dari daya tahan tubuh seseorang, infeksi yang masuk ke dalam tubuh mendapatkan perlawanan dari sistem imunitas tubuh secara alami. Sehingga apabila sistem imunitas tubuh menurun, maka penyakit yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan tubuh menjadi sakit.

2. Masa Sakit

Pada masa ini, penderita dalam keadaan sakit. Penyakit dapat akut (berlangsung untuk beberapa hari atau minggu) atau kronik (berlangsung untuk beberapa bulan atau tahun).

Sesuai dengan jenis infeksinya, maka penderita dapat mengeluarkan mikroorganisme yang berbahaya melalui hidung, mulut, telinga, mata, urin, feses, sekret dari ulkus, luka, kulit, organ-organ dalam.

3. Masa Penyembuhan

Penyembuhan secara klinis dari suatu penyakit, akan mengakhiri bahaya infeksi. Karier adalah orang yang mengeluarkan mikroorganisme, menginfeksi orang lain, menjadi pembawa penyakit.

Karier dibagi menjadi:

  • Konvalen: mereka mengeluarkan mikroorganisme hanya pada masa penyembuhan
  • Temporer: mereka mengeluarkan mikroorganisme tidak lebih dari satu tahun
  • Kronik: mereka mengeluarkan mikroorganisme lebih dari satu tahun; hal ini dapat terjadi pada demam tifoid.

Karier kontak (“Eksretor asimptomatik“) adalah orang-orang yang mendapat infeksi dengan mikroorganisme tanpa menampakkan perkembangan penyakit. Hal ini terutama terjadi selama masa epidemi dari suatu infeksi. Karier kontak dapat menginfeksi orang lain yang kemudian akan menjadi sakit atau menjadi karrier.

Penyebaran Infeksi

Mikroorganisme dapat menyebar melalui:

  • Dari orang ke orang
  • Dari hewan ke orang
  • Sumber-sumber lain

Penularan Dari Orang ke Orang

  • Infeksi transplasenta. Beberapa mikroorganisme dapat melewati plasenta dari seorang ibu yang terinfeksi kepada anaknya.
  • Infeksi bayi baru lahir. Pada waktu lahir, bayi dalam keadaan steril, tetapi segera terinfeksi dengan sejumlah mikroorganisme baik disebabkan oleh penularan secara langsung ataupun penularan secara tidak langsung.
  • Infeksi lanjut. Orang dapat menginfeksi orang lain selama masa inkubasi, selama masa sakit dan dari keadaan karier.

Penularan Dari Hewan ke Orang

Berbagai penyakit dapat ditularkan dari hewan ke orang. Mikroorganisme yang terdapat pada hewan tersebut adalah flora normal bagi mereka. Akan tetapi, apabila kondisi hewan berubah dan habibat flora normal mikroorganisme pada hewan terganggu, mikroorganisme tersebut bisa menjadi virulen baik untuk hewan sebagai tuan rumah maupun manusia dan makhluk hidup lainnya.

Penularan dari hewan ke orang juga dapat terjadi apabila hewan terjangkiti suatu penyakit dan menjadi sakit, dan manusia terinfeksi oleh penyebab penyakit yang berasal dari hewan yang sakit tersebut.

Penularan Dari Sumber-sumber Lain

Penyebaran penyakit dan menulari orang sehat dapat pula terjadi dari sumber-sumber lain. Sumber-sumber tersebut bisa berasal dari makhluk hidup, bagian makhluk hidup yang terinfeksi, ataupun dapat juga dari benda mati. Penularan dari sumber-sumber lain masuk ke dalam tubuh orang sehat dan menjadikan tubuh menjadi sakit. Penularan dari sumber-sumber lain bisa terjadi secara langsung ataupun terjadi secara tidak langsung (melalui perantara).

M Rusdi

M Rusdi

Terima kasih telah berkunjung ke website Medical Ebook. Semoga Anda mendapatkan informasi yang Anda cari.

Kembali ke atas