Medical Ebook

Informasi Kesehatan untuk Tenaga Medis

Yuk, Lakukan Social Distance untuk Cegah Penyebaran CoVid-19

Virus Corona memang begitu mudah menular dan menyebar. Seseorang dapat terkena dan terinfeksi virus corona CoVid-19 dari orang lain yang sakit atau dari penularan secara tidak langsung oleh permukaan benda yang mengandung virus CoVid-19.

Penyebaran Infeksi CoVid-19

Penyakit CoVid-19 ini dapat menyebar dari orang ke orang melalui droplet/tetesan-tetesan kecil dari hidung atau mulut yang menyebar ketika seseorang yang sakit atau terkena CoVid-19 batuk, bersin atau buang napas. Tetesan droplet ini mendarat pada benda dan permukaan di lingkungan sekitar orang tersebut.

Tanpa disadari, orang yang sehat kemudian menangkap virus CoVid-19 dengan menyentuh benda atau permukaan benda di sekitar lingkungan tersebut, lalu orang yang sehat tersebut menyentuh mata, hidung atau mulut mereka.

Orang-orang juga dapat terjangkiti virus CoVid-19 jika mereka menghirup tetesan droplet dari seseorang yang sakit karena CoVid-19 yang batuk atau mengeluarkan tetesan atau percikan. Inilah sebabnya mengapa penting untuk tinggal di dalam rumah dan menjaga jarak dari orang lain (sosial distance) untuk menghindari masing-masing dari kita supaya tidak terkena infeksi CoVid-19 yang melanda seluruh dunia saat ini.

Pengertian Social Distancing

Social Distancing penting untuk mengurangi risiko besar penyebaran CoVid-19. Social Distancing adalah upaya sosial mengurangi penyebaran atau penularan virus dengan mengurangi pergerakan, pertemuan atau aktivitas di keramaian.

  • Praktikkan jarak minimal satu meter dengan orang lain
  • Kurangi kegiatan di keramaian/pertemuan kelompok/massal
  • Tidak berjabat tangan, berpelukan atau kontak fisik secara langsung saat bertemu orang lain
  • Hindari keramaian seperti supermarket/mall, cafe, restoran, bioskop, dan stadion
  • Hindari travelling atau pelesiran ke tempat wisata
  • Bekerja, belajar, beribadah dan olahraga di rumah

Setiap kita bisa ikut mencegah dan mengurangi penyebaran CoVid-19 melalui social distancing. Social distance juga dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus CoVid-19 dari orang sakit ke orang yang sehat. Setiap dari kita bertanggung jawab untuk kesehatan diri sendiri, tetapi bertanggung jawab pula untuk kesehatan orang lain dan lingkungan sekitar.

Mari Cegah Penyebaran CoVid-19 dengan melakukan Social Distance!

M Rusdi

Terima kasih telah berkunjung ke website Medical Ebook. Semoga Anda mendapatkan informasi yang Anda cari.

Kembali ke atas