Program Menjaga Mutu

Pelayanan kesehatan adalah setiap upaya yang diselenggarakan secara sendiri atau bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit, serta memulihkan kesehatan perorangan, keluarga, kelompok maupun masyarakat

Mutu pelayanan kesehatan adalah pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan yang sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk serta penyelenggaraannya sesuai dengan standar dan kode etik profesi.

Program Menjaga Mutu

Untuk dapat menjaga mutu pelayanan kesehatan banyak upaya yang dapat dilakukan. Upaya tersebut jika dilaksanakan secara terarah dan terencana, dalam ilmu administrasi kesehatan, disebut dengan nama program menjaga mutu atau program jaminan mutu (quality assurance program).

Apa itu Program Menjaga Mutu?

Program menjaga mutu adalah suatu upaya yang dilaksanakan secara berkesinambungan, sistematis, objektif, dan terpadu dalam menetapkan masalah dan penyebab masalah mutu pelayanan kesehatan berdasarkan standar yang telah ditetapkan; menetapkan dan melaksanakan cara penyelesaian masalah sesuai dengan kemampuan yang tersedia; serta menilai hasil yang dicapai dan menyusun saran-saran tindak lanjut untuk lebih meningkatkan mutu pelayanan.

Beberapa istilah yang sama penggunaannya tentang Program Menjaga Mutu atau Program Jaminan Mutu (PJM) yang sudah dikenal banyak pakar adalah sebagai berikut:

  1. Program Pengawasan Mutu (PPM) atau quality control program
  2. Program Peningkatan Mutu (PPM) atau quality improvement program
  3. Manajemen Mutu Terpadu (MMT) atau total quality management
  4. Peningkatan Mutu Berkesinambungan (PMB) atau continuous quality improvement

Tujuan Program Menjaga Mutu

Mutu merupakan derajat dipenuhinya persyaratan yang ditentukan. Merupakan kesesuaian terhadap kebutuhan, bila mutu rendah merupakan hasil dari ketidaksesuaian.  Mutu tidak sama dengan kemewahan.

Suatu produk atau pelayanan yang sesuai dengan segala spesifikasinya akan dikatakan bermutu, apapun bentuk produknya. Mutu harus dapat dicapai, diukur, dapat memberi keuntungan dan untuk mencapainya diperlukan kerja keras.

Tujuan program menjaga mutu mencakup dua hal yang bersifat pokok yang jika disederhanakan dapat diuraikan sebagai berikut.

1. Tujuan Antara

Tujuan antara yang ingin dicapai ialah diketahuinya mutu pelayanan. Jika dikaitkan dengan kegiatan program menjaga mutu, tujuan ini dapat dicapai apabila masalah mutu berhasil ditetapkan.

2. Tujuan Akhir

Tujuan akhir yang ingin dicapai dengan adanya program ini ialah makin meningkatnya mutu pelayanan. Sesuai dengan kegiatan program jaminan mutu, peningkatan mutu yang dimaksudkan di sini akan dapat dicapai apabila program penyelesaian masalah berhasil dilaksanakan.

Scroll to Top